Rabu, 04 Januari 2012

Mengenal Kode Darurat "Mayday"

Bagi ente yang biasa nonton film perang atau mungkin film aksi yang biasa mengambil adegan di dalam pesawat komersial ataupun adegan perang dengan menggunakan jet dan armada perang angkatan udara militer,pernahkah ente mendengar kata-kata yang di pakai oleh sang pilot jika pesawat mereka mengalami keadaan darurat seperti turbulensi ataupun sebab yang lainnya yang mengakibatkan pesawat mungkin akan jatuh atau mungkin akan rusak parah bahkan hancur tertembak misil ?





Ya mungkin bagi ente yang udah pernah dengar tidak akan asing dengan kode tersebut,yaitu kata "mayday" yang biasa di jadikan kode keadaan darurat dalam suatu lintas transportasi,baik itu darat,laut maupun udara.Tanda panggilan ini bermula dari seorang petugas radio senior di bandara Croydon di London, yaitu Frederick Stanley Mockford di tahun 1923.

Pada saat itu Mockford diminta untuk memikirkan sebuah kata yang akan menunjukkan suatu bahaya/keadaan darurat dan akan dipahami oleh pilot dan staff bandara.Dikarenakan sebagian besar lalu lintas pada saat itu adalah antara bandara Croydon dan bandara Le Bourget di Paris , ia pun mengusulkan kata "mayday" dari kata m'aider dalam bahasa Perancis,singkatan dari "venez m'aider" berarti "datang dan bantu saya".

Dan sejak saat itu kata "mayday" digunakan untuk kode darurat dan sudah digunakan secara Internasional sebagai tanda bahaya dalam prosedur suara komunikasi radio.Hal ini juga digunakan untuk sinyal darurat yang mengancam kehidupan dengan banyak kelompok, seperti pasukan polisi, pilot , pemadam kebakaran dan organisasi transportasi lainnya.

Panggilan ini selalu diberikan tiga kali berturut-turut ("Mayday Mayday Mayday") untuk mencegah kesalahan untuk beberapa frase serupa yang terdengar dalam kondisi berisik dan untuk membedakan panggilan kode "Mayday" yang sebenarnya dari sebuah pesan tentang panggilan Mayday.

Berikut adalah protokol ringkasan penggunaan kode mayday :

"MAYDAY, MAYDAY, MAYDAY ini adalah ... "(sebutkan nama/kode pesawat diulang sampai 3 kali)
"MAYDAY, posisi saya/kami .... "(berikan garis bujur dan lintang GPS atau kompas yang bertumpu pada sebuah objek yang dapat dikenali)
"Saya/kami ... (sebutkan masalah teknisnya,seperti ada yang terbakar atau ingin tenggelam,dll) ... dengan ... (sebutkan jumlah awak/penumpang di dalam pesawat) ...., saya/kami membutuhkan bantuan segera"

Sekian gan sekilas info dari ane, cheers :D

Sumber referensi dari mbah gugel dan forum kaskus.

1 komentar:

  1. kirain cuma kode biasa gan itu, gak taunye ada sejarahnye juga, mangstab gan

    BalasHapus